05 Desember, 2008

Ibadah Qurban I

Pengertian:
Aktivitas penyembelihan hewan ternak yang dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijah, dan bisa dilaksanakan juga dihari hari tasyrik bulan itu juga (11,12,13 Dzulhijah.

Sejarah:
Mengikuti sunah Nabi Ibrahim ketika beliau diperintahkan Allah swt untuk mengorbankan anak lelaki beliau (Ismail)dan karena ketaatan nabi Ibrahim, Pengorbanan Ismail oleh Allah swt diganti dengan seekor gibas.

Hewan Ternak yang boleh dijadikan hewan qurban:
- Biri-biri atau domba dengan umur lebih dari satu tahun atau pernah ganti gigi.
- Kerbau / Kebo / Sapi dengan umur lebih dari dua tahun
- Kambing biasa dengan umur lebih dari dua tahun
- Unta dengan umur lebih dari lima tahun

Hukum melaksanakan:
Hukumnya sunat muakad yaitu sunah yang penting untuk dikerjakan.

==========================

Alhamdullilah Ibadah Qurban tahun ini sesuai pemberitahuan pemerintah akan dilaksanakan tanggal 8 Dec 2008.
Sejak jauh jauh hari, tepatnya setelah habis bulan ramadhan..saya dan pengurus Mesjid dimana saya aktif telah mempersiapkan untuk kegiatan ini.Tidak sia sia sudah usaha Kami selaku pengurus.

Terkumpul 17 Orang yang mau melaksanakan Ibadah kurban.Dengan jumlah 17 ini jumlah hewan ternak yang akan dipotong ada 5 nyawa yakni 2 ekor sapi dan 3 ekor domba.

Dengan 1 saham hewan qurban seharga Rp 1.200.000.- alhamdulilah hewan ternak yang akan kami potong tidak malu maluin...menurut perhitungan 230 Kg Daging bersih dari 2 ekor sapi akan kami dapatkan plus 3 ekor domba yg rata rata 1 ekornya menghasilkan 12 Kg daging.

Perhitungan Kami lebih dari 250 Kg daging akan kami dapatkan....mudah mudahan.

Cuma sayang...untuk Idul Adha kali ini saya kayanya tidak bisa berlebaran di Rumah...tugas diluar kota (Luar Pulau) belum bisa saya tinggalkan.Alhamdullilah semua kegiatan di mesjid masih saya monitor lewat tlp dan alhamdullilah Istri saya juga terus meng update perkembangan terakhir dari kegiatan ini.

Tidak ada komentar: