15 Oktober, 2009

Sumur Minyak Pertama

Minyak telah digunakan untuk tujuan penerangan  selama bertahun-ribu tahun. Pada area area di daerah penghasil minyak  yang mempunyai reservoir dangkal, Minyak mentah atau gas dapat merembes dengan sendirinya( secara alami ).Dengan mudah kita dapat mengumpulkan minyak mentah itu dari hasil rembesan tersebut.

Sejarah mencatat bangsa China 500 tahun sebelum masehi telah menggunkan  gas alam untuk merebus air.

Tetapi itu tidak sampai tahun 1859, dimana seseorang bernama Edwin Drake sukses untuk pertama kalinya mengebor Sumur minyak.

Sumur DRAKE ini terdapat di daerah pertanian yang sangat tenang yaitu di north –western Pennsylvania. Dan mulailah era dimana secara international minyak dicari untuk keperluan Industry.

 Walaupun sumur drake ini kalau dilihat secara standard modern tergolong sumur dangkal, (karena kurang dari 50 Meter), tetapi dapat menghasilkan produksi yang sangat melimpah.



Phillips well (pada photo sebelah kanan) awalnya menghasilkan 4000 Barrel per hari pada oktober 1861, Woodford well (pada photo sebelah kiri) memproduksi sebanyak 1500 Barrel per hari pad bulan Juli 1862. Di latar depan kita bisa lihat tanki dari kayu untuk menampung minyak yang dihasilkan kedua sumur tersebut. Perhatikan di latar belakang terdapat tempat tempat penampungan minyak yg lebih kecil (BARREL) terbuat dari kayu juga dengan bermacam macam ukuran.Memang pada saat itu ukuran barrel tidak ada standard nya. 

 

Untuk saat ini standard 1 barrel = 159 Liter

 

Ditahun tahun awal minyak di explorasi Kelebihan Produksi adalah isu yang secepat mungkin harus dihindari. Contohnya ketika sumur Empire mulai berproduksi yaitu pada September 1861 menghasilkan produksi sekitar 3000 barrel per hari , minyak sangat membanjiri pasar sehingga harganya jatuh sekitar 10 Cent per barrelnya.

 

Sejak saat itu, minyak dengan cepat menggantikan sebagian besar bahan bakar untuk keperluan transportasi dan keperluan mobile lainnya.

 

Industri automotive yang berkembang di akhir abad 19 dengean cepat mengadupsi minyak sebagai bahan bakar. Mesin mesin berbahan bakar bensin  sangat berperan penting dalam proses perancangan pesawat terbang yang membutuhkan bahan bahan berbobot ringan..

 

Kapal kapal laut yang digerakan oleh mesin yang berbahan bakar minyak akan bergerak dua kali lebih cepat dibandingkan dengan yang digerakan dengan mesin yang berbahan bakar batu bara.Untuk Militer ini adalah suatu keuntungan.


Source : http://www.glossary.oilfield.slb.com/default.cfm

 

Tidak ada komentar: