18 Desember, 2009

Bulan dan Maknanya

Muharam
Bulan Pertama yaitu muharam (diharamkan),dinamakan demikian karena pada bulan itu Haram perang atau menumpahkan darah.Ketika Islam datang larangan perang pada bulan tersebut dicabut seperti termaktub dalam Al-quran Surat Al-Baqaraah :191

Safar
Bulan Kedua yaitu Safar,(kosong atau kuning), dinamakan demikian karena pada bulan kedua ini dahulu semua laki laki bangsa Arab meninggalkan rumah, ada yang pergi perang, berniaga, atau mengembara sehingga rumah rumah kosong ditinggalkan kaum laki laki.

Rabiul Awal
Bulan Ketiga yaitu Rabiul Awal (Pertama Menetap), dinamakan demikian karena pada bulan tersebut semua laki laki yang tadinya meninggalkan rumah sudah kembali berada dan menetap dirumah keluarga masing masing

Rabiul Akhir
Bulan Keempat yaitu Rabiul Akhir/Rabiul Tsani (menetap yang kedua), dinamakan demikian karena semua laki laki yang meninggalkan rumah telah kembali dan menetap dirumahnya masing masing untuk terakhir kalinya.

Jumadil Awal
Bulan Kelima yaitu Jumadil Awal (Kekeringan yang Pertama), dinamakan demikan karena bulan ini dahulu orang Arab mengalami kekeringan.

Jumadil Akhir
Bulan Keenam yaitu Jumadil Akhir (Kekeringan Yang terakhir)

Rajab
Bulan Ketujuh yaitu Rajab (Mulia), Orang arab dahulu memuliakan bulan ini dengan cara sembelihan anak unta yang pertama dari induknya. Qurban ini disebut Fara'a dan dilakukan pada tanggal 1 rajab. Pada tanggal 10 Rajab disembelih lagi anak unta tetapi tidak mesti anak unta yang pertama. Qurban yang kedua ini disebut Atirah. Kebiasaan ini kemudian dihapuskan oleh Islam.

Sya'ban
Bulan Kedelapan yaitu Sya'ban (berserak-serak), dinamakan demikian karena di bulan ini dahulu masyarakat Arab pergi kelembah lembah dan Oase Oase untuk mencari air. Pada waktu itu terjadi musim kering dan mereka dilanda kekuarangan air.

Ramadhan
Bulan kesembilan yaitu ramadhan (Panas sangat terik/Terbakar), dinamakan demikian karena pada bulan ini dahulu cuacanya sangat panas.Jika seseorang berjalan tanpa alas kaki ,telapak terasa terbakar. Pada zaman Islam, arti kata terbakar itu adalah terbakarnya dosa bagi orang yang melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

Syawal
Bulan Kesepuluh yaitu Syawal (naik), dinamakan demikian karena pada bulan ini dahulu orang Arab mempunyai kebiasaan naik unta. Pinggang unta dipukul sehingga ekor unta menjadi naik. Pada masa Islam Syawal diartikan Naik atau Peningkatan Amal Kebajikan setelah sebelumnya dilatih selama sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Dzukaidah
Bulan Kesebelas yaitu Dzulkaidah(Yang empunya Duduk), dinamakan demikian karena pada bulan ini dahulu orang Arab mempunyai kebiasaan duduk duduk dirumah, tidak berpergian atau mengadakan perjalanan.

Dzuljizah
Bulan Keduabelas yaitu Dzulhizah (Yang mempunyai Haji), Ibadah Haji sebenarnya sudah diadakan semenjak jaman nabi Adam AS dan semua nabi nabi sebelum Rasullallah Muhammad SAW walaupun tatacara Ibadah hajinya tidak diketahui secara pasti, bahkan oleh orang Arab jahiliyah juga mereka melaksanakan ibadah haji dengan tatacara yang tentu saja berbeda dengan praktek ibadah haji dalam Islam

Tidak ada komentar: