10 Januari, 2009

Belanja Lewat eBay

Suatu hari dipertengahan bulan Desember, ketika iseng iseng buka eBay tiba tiba ketemu dengan barang yang di idam idamkan sedari beberapa tahun yang lalu, kepikiran deh tuk beli itu barang.

Hasrat hati untuk membeli barang tersebut, akhirnya register juga di eBay.
Di eBay semua aktivitas jual belinya ada dua sistem yakni: Lelang (Bid) dan Beli Sekarang (Buy Now). eBay menjamin bahwa untuk setiap lelang yang diadakan tidak ada BOOT (mesin lelang otomatis ) yang ikut bermain .Adapun untuk sistem pembayaran di eBay saya menggunakan Paypal (kebetulan saya punya akun paypay yang terverifikasi sejak awal 2007).

Dengan beberapa klak-klik klak-klik akhirnya berhasil juga saya mebeli barang lewat eBay.( Saya membeli dengan Buy Now karena sellernya tidak menyediakan fasilitas lelang )

Beberapa jam kemudian oleh seller eBay nya saya dikasih tahu aw bill dari paket yang akan dikirimkannya.

Ini dia AW BILL nya ==> Klik disini

Coba klik di Additional detailnya disitu akan terlihat squence of event dari shipment dan tracking yang di lakukan oleh USPS.
USPS akan mengupdate informasi tiap jam 18:00

Akhirnya pada tanggal 3 Januari barang tersebut tiba dengan selamat di rumah.

Barang yang di kirim ternyata 100 % sama dengan apa yang di deskripsikan di eBay.

Langkah selanjutnya eBay meminta kita untuk mengisi feedback terhadap seller nya, semacam reputasi point gitu.

=============

Point yang saya dapat dari belanja online ini adalah:

1. Orang bilang kalau kita register internet banking, kita seolah olah punya atm sendiri di tempat tidur.Nah Kalau kita register di eBay seolah olah pintu Mall ada di dalam kamar kita. ( istri saya sampai khawatir kalau saya terlalu lama duduk di depan Kompi dan mantengin situs ebay)

2. Membuka lahan bisnis reseller buat kita. Ini dibuktikan dengan pembelian kedua saya. Sebenarnya ini bukan pembelian saya, seorang temen nitip buat dibelikan barang ORI buatan US ternyata barangnya ada di jual di eBay. Saya belikan dia barang tersebut dengan harga plus 10 % dari total harga sebagai fee buat saya, dan dia setuju.Ternyata setelah saya check di distributor gelap di Indonesia ( distributor resminya cuma ada di singapur) harga barang tersebut lebih dari total harga plus 10% pantesan teman saya itu langsung setuju aja .....Disamping itu delivery timenya menurut pengalaman pertama saya delivery time dari US ke IND itu sekitar 2 Minggu. Kalau lewat distributor gelap (kalau barangnya tidak ready stock) itu bisa 1 bulanan plus kita harus deposit dulu uang jaminan.

Tidak ada komentar: