26 Januari, 2009

Kawah Kamojang


Selain untuk berwisata, liburan kali ini saya dan keluarga ke kawah kamojang untuk melakukan terapi salah satu orang tua( UWA ) yang kena penyakit stroke ringan. Yang konon katanya dengan terapi uap dari kawah bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Kebetulan kawah kamojang tidak begitu jauh dari tempat kita tinggal. Perjalanan kesana cuma memerlukan waktu kurang lebih 45 Menit dengan menggunakan Sepeda Motor dan kurang lebih 1 Jam menggunakan kendaraan roda empat.

Menurut saya perjalanan dari kota Bandung menuju Kamojang lebih baik melewati kota Majalaya selain mempercepat jarak tempuh juga kita menemukan pemandangan yang tak kalah indahnya dengan bila kita melewati kota Garut (samarang). Cuma persiapan Kendaraan yang akan dibawa harus prima karena kita akan dihadapkan dengan tanjakan tanjakan yang akan memicu adrenaline kita.

Untuk yang suka menggunakan Sepeda Motor ( Adventure ) track menuju kawasan Kawah Kamojang via Kota Majalaya sangatlah menantang.Kita akan dihadapkan dengan satu tanjakan yang namanya MONTENG..kata dalam bahasa sunda yang artinya Curam, diawali dengan satu belokan lebih dari 90 derajat dengan tingkat kemiringan 75 derajat lebih kurang dengan panjang 300 meter.

Jumlah kawah yang dijadikan kawasan wisata ada sekitar 18 Buah diantaranya kawah manuk, kereta api, kawah hujan, kawah getih dll.

Oh Yach terapi mandi uapnya sih cuma sipasen berdiri didepan uap yang keluar dari kawah kemudian juru kunci nya akan mengarahkan uap tersebut ke arah sipasen. Jumlah uap yang disemprotkan ke arah si pasen diatur oleh sang juru kunci dengan menggunakan sebatang rokok yang menyala.

Iseng iseng nanya ke sang juru kunci bagaimana sih bisa ngatur jumlah uap yang keluar apakah pakai mantra mantra?? jawabannya ternyata tidak... asap yang keluar dari rokok lah yang memancing uap yang keluar dari kawah semakin banyak asap yang keluar dari rokok semakin besar uap yang keluar dari kawah....aneh memang tetapi saya coba dengan menggunakan rokok untuk mengatur jumlah uap yang keluar dan berhasil...heheheh.

Menutup telingan didepan kawah kereta api

Tidak ada komentar: