29 November, 2008

Dakwah

Dakwah berarti mengajak dan bukan mengejek;ajakan dan bukan ejekan.

Dakwah adalah upaya melakukan perubahan ke arah yang lebih baik menurut tolak ukur Alquran dan sunah.Ini merupakan tugas mulia dari Allah swt dan dengan jaminan utamaNya.

Dakwah adalah seruan kepada agama Allah, bukam seruan/ajakan kejalan thagut atau meyeru orang kepada kepentingan pribadi atau kelompok si penyeru sebagaimana dalam

An-Nahl:125



"Serulah(manusia0 kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.Sesungguhnya tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang orang yang mendapat petunjuk."

Dalam menunaikan tugas dakwah, Islam mengajarkan kepada kita untuk tidak bersikap kasar, keras hati apalagi sombong. Dengan sikap yang kasar dan keras hati akam membuat orang yang diseru menjauh bahkan memusuhi dan membenci. Bukannya akseptensi melainkan resitensi yang didapat

Ali-Imran 159



"Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya."

Tidak ada komentar: