21 November, 2008

Majalaya

Majalaya adalah salah satu kota kecamatan di kabupaten Bandung, kota ini mempunyai nilai historis yang tinggi baik dimasa perang kemerdekaan maupun dimasa awal awal pembangunan Republik tercinta ini.

Majalaya mempunyai historis sebagai pusat industri tekstil yang terkenal di skala nasional bahkan sampai skala internasional.

Data dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menyebutkan, di Majalaya terdapat sedikitnya 60 industri menengah ke atas dan lebih dari 150 UKM.

Dari jumlah sekitar 300.000 warga Majalaya, 70% hidup dari industri TPT (Tekstil dan Produk Tekstil) secara langsung.

Sementara itu, Kabupaten Bandung sendiri memiliki potensi 40% TPT dari skala nasional. Sedangkan TPT Majalaya menyumbang 10% hasilnya.

Sungguh sayang Kondisi Majalaya saat ini, seringnya banjir bandang akibat meluapnya sungai Citarum menyebabkan sering berhentinya kegiatan industri disana.

Karena Banjir pula efisiensi bisa hilang sekitar 50%



Disisi lain Kemajuan Pembangunan Kota seperti berhenti ditempat, Dua puluh tahun yang lalu saya sempat tinggal di kota ini dan hari ini...Majalaya persis seperti dua puluh tahun yang lalu.....

Coba bandingkan dengan kawasan Bandung Barat wilayah Cimahi khususnya , ...Padahal Majalaya sudah dapat modal awal yg lebih bagus dibandingkan wilayah lain.

Pak Obar, Pak Yadi,...(Bup dan Wabup Bandung yang tahu persisi Wilayah ini )kumaha ieu teh...???

Saya Merindukan Majalaya dengan pusat Pendidikannya, Saya Merindukan Majalaya dengan Pusat Industri rakyatnya, Saya merindukan Majalaya dengan Pusat Perbelanjaannya yang modern , Saya Merindukan Majalaya dengan Pusat Kota yang tersusun rapi tidak acak adut seperti sekarang,Saya merindukan Majalaya dengan Pusat kesehatan yang lebih manusiawi, sehingga anak cucu saya tidak usah jauh jauh pergi sekolah, pergi Belanja, atau kalau sakit pergi ke pusat kota Bandung.

Ayo Majalaya, Kita punya modal historis untuk menjadi kota termaju di Kabupaten Bandung.

Tidak ada komentar: